“Sonjo Wargo” Program Baru Kapolresta Pati Agar Lebih Dekat dengan Masyarakat
PATI – NOTOPROJO.ID
Di tengah krisis kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri yang disebabkan oleh se-gelintir oknum, berbagai cara dilakukan Polri untuk mendekatkan diri dan hadir di tengah-tangah masyarakat, begitupun Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pati yang menyapa masyarakat melalui terobosan Program “Sonjo Wargo” di Pendopo Kantor Kec. Pati Kota pada Jumat (25/11/22).
AKBP Christian Tobing yang merupakan Plt. Kapolresta Pati adalah sosok penggagas program tersebut dilatarbelakangi beberapa hal antara lain terkikisnya kepercayaan masyarakat kepada Polri, ingin menjalin komunikasi dua arah dengan masyarakat secara langsung dan sebagai sa-rana untuk lebih dekat dengan masyarakat.
“Kegiatan ini merupalkan salah satu cara kami untuk belanja masalah dalam rangka memperbai-ki kinerja Polresta Pati, saya bersama pejabat Polres dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat untuk mendengar permasalahan dan keluhan.” Ucap Christian.
Dalam “Sonjo Wargo” tersebut, turut serta dihadiri oleh pejabat utama Polresta Pati, Anggota DPR RI Bp. Riyanta, Forkopimcam, Kepala Desa/Kelurahan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Pati.
Melalui forum dialog interaktif tersebut, diharapkan mampu menyerap secara maksimal segala macam permasalahan di lapangan yang berkaitan dengan pelayanan Polresta Pati kepada masyarakat
“Dengan cara begini, Kami bisa duduk lesehan sehingga rasanya lebih dekat dan warga leluasa menyampaikan permasalahannya serta bisa mendapatkan masukan mengenai kegiatan pela-yanan maupun operasional di lapangan” ujarnya.
Anggota DPR RI, Bp. Riyanta mengungkapkan untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat akan berupaya penuh untuk meningkatkan tipe Polsek Pati Kota.
“Saya berharap dan akan mengupayakan untuk peningkatan tipe Polsek Pati Kota agar masyarakat lebih terlayani dengan baik” tegasnya.
Tokoh masyarakat yang hadir sangat menyambut baik dan antusias kegiatan positif tersebut, sa-lah satunya KH. Muhlisin menyampaikan sangat mengapresiasi langkah positif dari Polresta Pati dalam membuka diri kepada masyarakat. Beliau berharap beberapa PR permasalahan yang ada di Kab. Pati bisa diselesaikan dengan baik.
“Kami sebagai masyarakat sangat menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan positif ini, kami berharap bisa dilaksanakan secara berkesinambungan dan kami berharap beberapa poten-si permasalahan yang ada di Kab. Pati dapat diselesaikan dengan baik dan tuntas, . , mulai dari pelayanan SIM, beberapa tindak pidana yang menonjol, ketertiban berlalu lintas terlebih penggunaan knalpot bising, balap liar, perjudian, prostitusi, kemacetan dan pelayanan laka lantas” tandasnya.
Plt. Kapolresta Pati AKBP Christian Tobing mengakomodir semua permasalahan yang disam-paikan oleh masyarakat dan akan segera menindaklanjuti satu per satu bersama jajarannya, un-tuk mempermudah akses komunikasi masyarakat, Christian menyampaikan nomor Whatsapp pengaduan yang akan direspon sendiri oleh Plat Kapolresta tersebut.
“Kami menghaturkan ucapan terimakasih atas respon yang luar biasa, sehingga kami menge-tahui segala permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Kedepan kami segera bekerja serius untuk mengatasinya, untuk mempermudah masyarakat kami menyediakan akses pelayanan pengaduan melalui whatsapp Kapolresta Pati, Kapolsek Jajaran, maupun melalui media sosial resmi Polresta Pati” pungkasnya.
(Red/Resta Pati)